Restoran Halal di China
June 25, 2016
Yiwu Fair
June 25, 2016

Saat ini populasi umat Islam di China berkisar 28 juta jiwa yang terdiri dari banyak etnis seperti Hui, Uygur, Kazakhs, Sala dan lainnya. Tidak heran jika banyak masjid bersejarah berdiri kokoh di sana. Bahkan keberadaan masjid berusia tua bisa ditemui di sejumlah kota di China seperti Beijing, Fujian, Gansu, Guangdong, Hainan. Mau tahu beberapa masjid bersejarah di China? Berikut kisah 7 masjid bersejarah yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber.

Masjid Niujie

Masjid yang berdiri sejak 996 masehi ini menjadi masjid tertua di Beijing. Wisatawan yang ingin mengunjunginya bisa melakukan perjalanan ke Xuanwu, di mana masjid ini berada.

Masjid Dongsi

Dibangun antara tahun 1447 dan 1450. Masjid Dongsi dikenal juga dengan nama Masjid Faming dan terletak di Jalan Dongsi Nan, Distrik Dongcheng Beijing.

Masjid Qingjing

 Terletak di tengah jalan Tumen, Distrik Quanzhou masjid yang juga dikenal dengan nama Ashab ini dibangun pada 1009 masehi dan merupakan masjid tertua yang berarsitektur Arab.

Masjid Huaisheng

Masjid yang berusia lebih dari 1.500 tahun ini berada di kawasan Yuexiu, Guangdong.

Masjid Nanguan

Ada sejumlah masjid di Yinchuan, Ibukota Provinsi Ningxia, namun yang paling terkenal adalah masjid Nanguan.

Masjid Tongxin

Ini merupakan masjid yang dibangun pada masa Dinasti Ming. Masjid ini menggabungkan antara arsitektur China dengan Arab.

Masjid Xiaotaoyuan

Ini merupakan masjid terbesar di Shanghai yang dibangun pada 1971. Bagi umat muslim yang ingin mengetahui kemegahan rumah ibadah yang dimiliki umat Islam China perlu mengunjungi masjid ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!